Selasa, 08 Oktober 2013

Cara Membuat Buku yang Menarik dalam Microsoft Word

Dalam Microsoft Word, terrnyata kita bisa membuat sebuah buku dengan desain yang menarik, memasukkan rumus-rumus, dan juga membuat tampilan isinya seperti majalah atau koran. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur-fitur yang terdapat pada Microsoft Word.

1. Cover
Di dalam Microsoft Word, kita bisa membuat cover dengan desain yang ada. Cara membuat Cover:
  • Buka Microsoft Word kemudian klik "Insert" pada Menu bar.
  • Klik "Cover Page".
  • Pilih Cover sesuai dengan selera lalu klik Cover tersebut.


2. Daftar Isi
Banyak orang mengeluh karena kurang memahami cara membuat daftar isi yang rapi. Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Aktifkan "Ruler"  terlebih dahulu. Klik "View", kemudian centang "Ruler".
  • Ketikkan kata-kata yang akan dijadikan isi dalam daftar isi, kemudian klik area pada ruler,, sehingga muncul tanda L kecil berwarna hitam sebagai pembatas dari titik-titik daftar isi.
  • Double Klik kanan pada tanda L kecil tersebut.
  • Ubah (1) None menjadi (2)..., klik "OK".
  • Tekan tombol "tab".




3. Isi.
Didalam isi buku, kita menuliskan isi apa saja yang ingin ditulis. Misalnya pembahasan materi, rumus, tabel. Berikut contohnya.

a. Equation
Equation berfungsi untuk menambahkan rumus-rumus.
Cara menambahkan rumus:
  • Buka Microsoft Word, klik menu "Insert", lalu klik "Equation".
  • Pilih bentuk rumus yang akan digunakan kemudian klik "OK".

b. Header and Footer
Fungsi Header dan Footer adalah digunakan untuk memberikan nomor halaman.
Cara memasukkan Header/Footer adalah sebagai berikut.
  • Klik Menu "Insert", kemudian klik "Header" atau "Footer". (Contoh disini Header)
  • Pilih desain headernya, kemudian klik 2x.

 


c. Watermark
Watermark merupakan fitur yang digunakan sebagai identitas atau untuk label keaslian dari dokumen.
Cara memasukkan Watermark adalah sebagai berikut.
  • Pada menu "Page Layout", klik "Watermark".
  • Kemudian klik Custom "Watermark".
  • Atur sesuai selera, klik "OK".



d. Kolom Koran & Drop Cap
Fitur ini digunakan untuk membuat penampilan kalimat pada dokumen seperti tampilan koran-koran
Cara membuat kolom koran sebagai berikut.
  • Pada menu "Page Layout", klik "Columns".
  • Pilih sesuai jumlah kolom yang akan di buat, misalkan "Two"., kemudian klik pilihan jumlah kolom tersebut.


Cara membuat Drop Cap sebagai berikut.
  • Pada menu "Insert", klik "Drop Cap".
  • Kemudian klik "Dropped". Hasilnya akan seperti di bawah ini.


e. Tabel
Didalam Microsoft Word, kita juga dapat memasukkan data tabel.
Caranya adalah sebagai berikut.
  • Pada menu "Insert", klik "Table".
  • Pilih berapa banyak sel tabel yang akan dimasukkan. (Misalnya 4x4)
  • Hasilnya seperti di bawah ini.


f. Footnote
Footnote digunakan untuk menjelaskan suatu istilah , dan biasanya terletak di bawah.
Cara menambahkan Footnode adalah:
  • Letakkan kursor ke kata/istilah yang akan dijelaskan pada Footnote
  • Pada menu "References", klik "Insert Footnote".

g. Bullet & Numbering
Cara untuk memberikan Bullet & Numbering adalah sebagai berikut.
  • Blok Kata-kata yang akan diberikan Bullet/Number.
  • Klik "Bullet&Numbering" pada menu "Home".

4. Biografi
Biografi penulis buku juga dibutuhkan dalam sebuah buku. Akan tetapi biografi tidak memerlukan sebuah trik atau cara-cara karena biografi dapat dibuat dengan mudah oleh seluruh brainware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar